PENGARUH AKUN BISNIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM, WORD OF MOUTH DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE ULANG TAHUN HOMEMADE DI KOTA MAKASSAR

  • Indah Sari STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Muhammad Idris STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Saripuddin D STIE Nobel Indonesia Makassar
Keywords: Promosi, Social media, Word of mouth marketing, Inovasi Pro, Keputusan pemb

Abstract

This research is purposed to know : (1) The influence of promotional strategies through social media Instagram on the decision to purchase homemade birthday cake products in Makassar, (2) The influence of word of mouth (WOM) on the decision to purchase homemade birthday cake products in Makassar, (3) The effect of Product Innovation on the decision to purchase homemade birthday cake products in Makassar, (4) The influence of Promotion through social media Instagram, Word of Mouth (WOM) and Product Innovation simultaneously on the decision to purchase homemade birthday cake products in Makassar. The research design is survey research. Population in observational it is consumers of homemade birthday cake products in Makassar. Technique sampling of this research is using a questionnaire, amounting to 100 respondents. The data analysis technique used is multiple linear regression. The result of this research indicated that : (1) Social Media Instagram has a positive and significant effect on purchasing decisions, this is evidenced from the significant level of 0,000 which is smaller than 0,05 and a positive t value of +4,360 (2) Word of Mouth has a positive and significant effect on purchasing decisions, this is evidenced from the significant level of 0,000 which is smaller than 0,05 and a positive t value of +7,642, (3) Product Innovation has a positive and significant effect on purchasing decisions, this is evidenced from the significant level of 0,000 which is smaller than 0,05 and a positive t value of +4,375 (4) Social Media Instagram, Word of Mouth, and Product Innovation simultaneously has a positive and significant effect on purchasing decisions, this is evidenced from the significant level of 0,000 which is smaller than 0,05. It means that the higher or good promotion through social media Instagram, Word of Mouth, and Product Innovation, it will have an impact on the customer’s purchasing decision.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi promosi melalui media sosial instagram terhadap keputusan pembelian produk kue ulang tahun homemade di kota Makassar, (2) Pengaruh word of mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian produk kue ulang tahun homemade di kota Makassar, (3) Pengaruh Inovasi Produk terhadap keputusan pembelian produk kue ulang tahun homemade di kota Makassar, (4) Pengaruh Promosi Melalui media sosial Instagram, Word Of Mouth (WOM) dan Inovasi Produk secara Simultan terhadap keputusan pembelian produk kue ulang tahun homemade di kota Makassar.. Desain penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk kue ulang tahun homemade di Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian Ini menunjukkan bahwa: (1) Sosial Media Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari tingkat signifikan sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05 dan nilai t yang bernilai positif sebesar +4,360 (2) Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari tingkat signifikan sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05 dan nilai t yang bernilai positif sebesar +7,642 (3) Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari tingkat signifikan sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05 dan nilai t yang bernilai positif sebesar +4,375. (4) Sosial Media Instagram, word of mouth dan inovasi produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari tingkat signifikan sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05. Semakin tinggi atau baik promosi melalui social media Instagram, word of mouth dan inovasi produk, maka keputusan pembelian konsumen akan semakin meningkat.

References

Mershon, P. 2011. Small Businesses Moving Toward Social Media.Retrieved March 2012, 7 From Social Media Examiner:

Nurgiyantoro, Singgih. 2014. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Marketing (Studi Pada Konsumen Produk Garskin Merek Sayhello Di Kota Yogyakarta). Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Bagas Aji Pamungkas & Siti Zuhroh.2016. Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Stie Pgri Dewantara Jombang

Yulianita Wiwid Susanto. 2017. Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Roti Dan Kue Ferissa Bantul Yogyakarta. Universitas Pgri Yogyakarta

Eko Boedhi Santoso, Joko Samboro.2017.Pengaruh Promosi Penjualan Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Http://J-Adbis.Polinema.Ac.Id/

Kotler, Philip And Gary Amstrong. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Novita Sari. 2018. Analisis Brand Image The Coffee Cafe Bandar Lampung . Stie Gentiaras

Dedi Rianto Rahadi.2017. Sosial Media Marketing Dalam Mewujudkan E-Marketing. KNTIA

Fasihatul Muslihah .2018.Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dalam Pandangan Islam.Febi Uin Raden Intan Lampung

Eko Boedhi Santoso, Joko Samboro.2017.Pengaruh Promosi Penjualan Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Http://J-Adbis.Polinema.Ac.Id/

Www.Instagram.Com

Wikipedia.com

Published
2020-01-31