PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PADA PT. BANK SULSELBAR CABANG UTAMA MAKASSAR

  • Dalmasius Panggalo Institut Bisnis Dan Keuangan Nitro
Keywords: Kompetensi Produk, Keunggulan Kompetitif Produk, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Merek, Keputusan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh reputasi perusahaan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pada PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dengan alat bantu IBM SPSS Versi 21.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh reputasi perusahaan terhadap keputusan nasabah dalam memiih produk pada PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar. Kompetensi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah sebagaimana ditunjukkan oleh koefisien regresi variabel kompetensi produk sebesar 1,176 yang bertanda positif dan signifikan pada 0,002. Keunggulan kompetitif produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah sebagaimana ditunjukkan oleh koefisien regresi variabel keunggulan kompetitif produk sebesar 0,920 yang bertanda positif dan signifikan 0,014. Kepercayaan pelanggan terhadap merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah sebagaimana ditunjukkan oleh koefisien kepercayaan pelanggan terhadap merek sebesar 0,757 yang bertanda positif dan signifikan pada 0,019. Koefisien determinasi variabel kompetensi produk, keunggulan kompetitif produk dan kepercayaan pelanggan terhadap keputusan nasabah secara simultan (R2) adalah 0,806 atau 80,6%, hal ini berarti bahwa keputusan nasabah 80,6% dipengaruhi oleh kompetensi produk, keunggulan kompetitif produk dan kepercayaan pelanggan terhadap merek sedangkan sisanya sebesar 19,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian.

References

Tarigan, Roy Marthin. 2014. Pengaruh Citra Merek dan Reputasi Perusahaan Terhadap Keputusan Penggunaan Produk BRI Junio pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang medan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Rahmat, Tantri Yanuar. 2014. Perbedaan Pengaruh Citra Merek Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kualitas Produk, Nilai Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Di Pasar Bisnis. Fakultas Ekonomi Universitas Esa Unggul. Jakarta

Rahmadevita, Lusy Deasyana. Pengaruh Reputasi Merek Dan Komunitas Pelangganterhadap Nilai Pelanggan, Word Of Mouth Serta Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Non-Member Produk Kesehatan Melilea di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang).Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Malang

Sari, Darlina Yunia, dan Sasongko. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan, Atribut Produk, Dan Cita Rasa Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Konsumen Pujasera Jl. PB. Sudirman Jember).Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Jember (UNEJ).

Lesmana, Adi Seno. 2014. Analisis Pengaruh Iklan, Persepsi Kemudahan, Dan Reputasi Terhadap Minat Beli Handphone Pada Situs Layanan Iklan Baris Online (Studi pada Tokobagus.com). Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta

Sigit, Soehardi. 2012. Pemasaran Praktis, Edisi Ketiga. BPFE: Yogyakarta.

Handoko, Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Ketujuh. Penerbit BPFE: Yogyakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media: Jakarta.

Cempakasari, Diah Arum dan Yoestini (2003), “Studi Mengenai Pengembangan Hubungan Jangka Panjang Bank dan Tenaga pemasaran”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. II, No.1, p. 67-84.

Simamora, Henry. 2013. Manajemen Pemasaran Internasional, Jilid 2. Salemba Empat. Jakarta

Published
2020-01-31