ANALISIS TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI PADA PROSES PRODUKSI MIE TELOR UD SUMBER REZEKI DI KOTA MAKASSAR

  • Asdi Asdi
  • Irwan Abdullah
  • Pahira Pahira
Keywords: Tata Letak Fasilitas Produksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata letak fasilitas produksi pada proses produksi mie telor Usaha Dagang (UD) Sumber Rezeki di Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.yaitu suatu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang suatu gejala dan fakta terhadap obyek dan tempat penelitian sesuai dengan apa adanya pada saat penelitian berlangsung.

Penelitian dilaksanakan pada pabrik mie telor Usaha Dagang (UD) Sumber Rezeki di Kota Makassar dengan memilih 3 informan yang dianggap representatif mewakili karyawan yang terdiri dari 1 orang sebagai pemilik usaha sekaligus sebagai manajer produksi yang dijadikan sebagai informan kunci, dan 2 orang karyawan bagian teknisi pada bagian proses produksi yang dijadikan sebagai informan non kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.

Tata letak fasilitas produksi yang digunakan pada pabrik tersebut adalah tata letak garis yaitu fasilitas yang digunakan saling berkaitan satu sama lain dari satu tahap ke tahap berikutnya sampai dengan tahap akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan tata letak (layout) garis pada proses produksi mampu memperlancar proses produksi sehingga dapat menjamin kualitas dan efektifitas proses produksi

References

Marie, I.A., dan Chaiyadi, T.N., 2015. Perancangan Tata Letak Pabrik Dan Analisis Ekonomi Pada Pt Xyz Extension. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Vol. 3 No 1.

Handoko, H.T. 2016. Dasar- Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jilid I. BPFE Yogyakarta: Yogyakarta.

Yamit, Zulian. 2003. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi II. Ekonisia: Yogyakarta.

Nur, Rusdi dan Suyuti, M.A. 2017. Pengantar Sistem Manufaktur. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Tampubolon, P. Manahan. 2014. Manajemen Operasi & Rantai Pemasok (Operation and Supply-chain Management) Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Pangestu Subagyo, 2000, Manajemen Operasi, Edisi Pertama, BPFE Yogyakarta: Yogyakarta.
Published
2019-10-31