PENGARUH PENERAPAN STRATEGI KAIZEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN TAMU PADA HOTEL BUDGET DI KOTA MAKASSAR

  • Dian Puspita Chaerunnissa STIE Nobel Indonesia
Keywords: seiri, seiton, seiso, seiketsu, shitsuke dan kepuasan tamu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi kaizen berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu pada Hotel Budget di Kota Makassar. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari kuesioner dan. Sampel yang diambil berjumlah 30 responden.  Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, analisis kuantitatif, dan linier berganda dari tamu hotel Ibis Budget Makassar Airport. Hasil yang didapatkan menunjukkan secara parsial bahwa variabel seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu. Secara simultan variabel seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu. Diantara kelima variabel tersebut, terdapat satu variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan tamu yaitu variable seiso. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis yang positif dan signifikan. Ini berarti bahwa strategi kaizen berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan tamu pada Hotel Budget di Kota Makassar.

References

Budi, P., Agung. (2013). Manajemen Marketing Perhotelan. Yogyakarta: ANDI
Cane, Sheila. (1998). “Strategi Kaizen untuk Menang Melalui Manusia”. :Interaksara.
Deborah,B & Priscilla.B. (1999). “TQM in American Hotels”. Cornel Hotel & Restaurant Administration Quarterly (CHR). Vol.39. Issue 1 Februari 1998.
Gasperz, Vincent. (2005). Total Quality Management. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS edisi ke-3. Badan Penerbit Undip. Semarang.
Heene, Aimè dkk, (2010). Manajemen Strategik Keorganisasian Publik. Bandung: PT Refika Aditama.
http://www.jpnn.com/news/potensi-hotel-budget-besar. Diakses pada tanggal 2 November 2018.
Hidayat, M., & Latief, F. (2018). STRATEGI PENINGKATAN JUMLAH HUNIAN HOTEL DENGAN ANALISIS SWOT. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 15-27.
Hidayat, M., Musa, C. I., Haerani, S., & Sudirman, I. (2015). The Design of Curriculum Development Based on Entrepreneurship through Balanced Scorecard Approach. International Education Studies, 8(11), 123. https://doi.org/10.5539/ies.v8n11p123
Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1989) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Kaplan. Robert S dan David Norton. (2000), Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Terjemahan oleh Peter R. Yosi Pasla dari Balanced Scorecard: Transalting Strategi Into Action (1996), Erlangga, Jakarta.
Kurniawan, Fitri Lukiastuti dan Hamdani, Muliawan, (2000). Manajemen Stratejik dalam Organisasi. Yogyakarta: MedPress.
Masaaki lmai, (1991). Kaizen Kunci Sukses Jepang dalam Persaingan. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
Masaaki Imai, (2008). Budaya Kaizen, Jakarta: Pustaka Utama.
Risma A. Simanjuntak, Dian Hernita.”USULAN PERBAIKAN METODE KERJA BERDASARKAN MICROMOTION STUDY DAN PENERAPAN METODE 5S UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS”. Jurnal Teknologi, Volume. 1 Nomor 2 , Desember 2008, 191 – 203.
Salusu, J. (1996). Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Salusu, J.(2015). Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Published
2019-12-30