PENGARUH KEPEMIMPINAN,KOMPETENSI DAN MOTIVASI APARAT TERHADAP EFEKTIVITAS KERJAPARAT PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BARRU

  • Yusnani Yunus STIE NOBEL
  • Mashur Razak STIE NOBEL INDONESIA
  • Syamsul Alam STIE NOBEL INDONESIA
Keywords: Kepemimpinan, Kompetensi, Motivasi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Kepemimpinan,Kompetensi Dan Motivasi Aparat secara sendiri-sendiri (parsial), dan bersama-sama (simultan) dan variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Barru.

Penelitian ini menggunakan metode survei. Dilaksanakan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Barru. Waktu penelitian adalah bulan Oktober sampai November 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Barru, sebanyak 52 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) yaitu semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 orang.  Analisis data menggunakan analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Hasil penelitian menunjukkanhasil perhitungan nilai thitung dan ttabel. Nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,66. Dengan demikian, nilai thitung2,503> ttabel 1,66. Hasil pengujian ini menginterpretasikan bahwa variabel kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja pada taraf signifikansi 5%.Artinya hipotesis dapat diterima dan nilai Fhitung 3,012 lebih besar dari nilai Ftabel 2,70. serta  Motivasi kerja,  paling dominan berpengaruh terhadap efektivita sebanyak 52.8% Efektivitas Kerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Barru.

Published
2020-08-19