PENGARUH PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DISKUMDAG KABUPATEN BARRU

  • Muhammad Rusdy Yunus STIE NOBEL INDONESIA
  • Muhammad Idris STIE NOBEL INDONESIA
  • Muhammad Hidayat STIE NOBEL INDONESIA
Keywords: Accountability, Transparency, Responsiveness, Work Effectiveness

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of partially or simultaneously Good Governance factors seen from accountability, transparency, and responsiveness to the work effectiveness of Barru Regency Cooperatives, SMEs and Trade employees. And to find out which factors among accountability, transparency, and responsiveness are the most influential on the work effectiveness of the employees of the Cooperative, SME and Trade Offices of Barru Regency.

The method used in this research is quantitative method. The sample in this study were all employees of the Cooperative, UKM and Trade Office of Barru Regency with 36 people. The data analysis technique used in testing the hypothesis is multiple regression analysis with t test and F test.

The results of this study indicate that: Good governance factors seen from the aspects of accountability, transparency, and responsiveness partially or simultaneously have positive and significant effect on the work effectiveness of the employees of the Cooperative, SME and Trade Offices of Barru Regency. 5. The most dominant factor of good governance in influencing the increase in work effectiveness of Barru Regency Cooperative, SME and Trade Service employees is the principle of transparency.

References

Akhmadi, A. (2014). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Efektivitas Pelaksanaan Anggaran pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Batang Hari. Manajemen dan Kewirausahaan, 5(3), 1-16.
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Bastian, I. (2006). Akuntansi Sektor Publik, Surabaya: Erlangga.
Cooper & Emory. (1998). Business Research Methods. Erlangga.
Daulay, A. F., Arfan, M., & Basri, H. (2015). Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Akuntabilitas Keuangan, Dan Pengawasan Intern Terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerahkota Lhokseumawe. Jurnal Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3).
Echdar, S. (2017). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.
Halim Abdul, dan Muhammad S Kusufi (2011). Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi 4. Yogyakarta: Salemba Empat.
Handoko. T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama.Yogyakarta: Liberti.
Indriantoro, N., & Supomo, B. (1999). Metodologi penelitian bisnis untuk akuntansi dan manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Mentari, F. P. A., dan Meirinawati. (2015). Responsifitas Aparatur Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Publika, 3(3).
Munir, D., Djuanda, H. A., dan Tangkilisan. (2004). Kebijakan dan Manajemen Keuangan Daerah. Yayasan Pembaruan Administrasi Publik Indonesia.
Mustafa, Delly. 2013. Birokrasi Pemerintahan. Bandung: CV. Alfabeta.
Nasution, O. A. A. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Good Governance Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kantor Unit Pelayanan Terpadu VI Dinas Pendapatan Daerah Kota Medan. PERSPEKTIF, 5(2).
Novitasari, A. D. (2019). Akuntanbilitas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Dalam Penerapan Anggaran Dana Desa. Journal of Politic and Government Studies, 9(01), 121-130.
Rewansyah, Asmawi. 2010. Reformasi Birokrasi dalam Rangka Good Governance. Jakarta: CV. Yusiantanas Prima
Santoso, Jarot Tri Bowo. 2004. Analisis akuntabilitas dan transparansi yang dipersepsikan dengan kenyataan yang dialami lembaga donor dan penerima jasa pada LSM di Kota Surabaya. Tesis. Universitas Airlangga
Sari, T. K. (2018). Pengaruh Karakteristik Pengelola Keuangan Sekolah, Transparansi Dan Pengalaman Terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Pada Sekolah Menengah Atas Dan Sederajat Di Kota Banda Aceh (Studi Pada Sma, Ma Dan Smk Negeri Se-Kota Banda Aceh). ETD Unsyiah.
Sari, I. M., & Tamrin, N. A. (2017). Pengaruh Penerapan Good Government Governance dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan (Studi Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kota Kendari). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1).
Saribu, A. D. (2017). Pengaruh Penerapan Prinsip-prinsip Good Goverment Governance terhadap Efektivitas Kinerja Pegawai Badan Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Media Studi Ekonomi, 20(1).
Sarwoto. 2010. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Siagian. Sondang. P. 2011. Organisasi, Kepemimpinan dan PErilaku Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.
Steers, Richard M. 2013. Efektivita Organisasi, Terjemahan. Jakarta: PPM Erlangga.
Sugiyono. (2013). Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV. Alvabeta.
Tangkilisan, H. N. S. (2005). Kebijakan dan Manajemen Otonomi Daerah. Yogyakarta: Lukman Offset.
Utama, D. A., & Setiyani, R. (2014). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Dan Responsibilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dinamika Pendidikan, 9(2).
Zulfikar. 2016. Pengantar Pasar Modal dengan Pendekatan Statistika. Yogyakarta: Deepublish.
Wahab, Solihin Abdul. 2002. Analisis Kebijakan Negara. Jakarta: Rieneka Cipta.
Wahyudin, A. (2009). Analisis Hubungan Motivasi, Good Governance Terhadap Kinerja Institusi Pendidikan Yang Dimoderasi Karaktersitik Biografi. Jurnal Dinamika Akuntansi, 1(1).
Wijaya, Amin Tunggal. 2013. Manajemen Suatu Pengantar. Cetakan Pertama. Rineka Cipta Jaya, Jakarta.
Zulkarnain, Z., (2012). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Efektivitas Organisasi Di Kantor Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang (Doctoral dissertation, FISIP Untirta).
Published
2020-08-19