PENGARUH KOMPETENSI, KESADARAN. PELATIHAN, INFRASTRUKTUR DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA

  • Khaeriah Khaeriah STIE NOBEL INDONESIA
  • Mashur Razak STIE NOBEL INDONESIA
  • Syamsul Alam STIE NOBEL INDONESIA
Keywords: Competence, awareness, training, infrastructure, work environment and performance, Kompetensi, kesadaran, pelatihan, infrastruktur, lingkungan kerja dan kinerja

Abstract

This study aims to determine and analyze the effect of Competence, awareness. training, infrastructure, and work environment on Employee Performance at the Investment Service, Integrated One Stop Service and Manpower

This research uses survey method. Implemented at the Investment Office, one-stop service and Barru Regency Manpower. The time of the study was November to December 2019. The population in this study were all employees of the Office of Investment, one-stop Services and the Labor of Barru Regency, as many as 50 people. Sampling in this study used a saturated sampling technique (census) in which all populations in this study were sampled. The sample used in this study was 50 people.  Data analysis uses multiple regression analysis (multiple regression analysis).

The results showed that there was a significant influence and positive direction betwee the variables of competence, awareness, training, infrastructure, and work environment partially and simultaneously on improving employee performance at the Office of Investment,  One  Stop  Services  and Workforce and the most dominant variables influential is the employee's work environment variable at the Office of Investment, One Stop Integrated Services and Labor

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kompetensi, kesadaran. pelatihan, infrastruktur, dan lingkungan kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu satu Pintu Dan Tenaga Kerja

Penelitian   ini   menggunakan   metode   survei.   Dilaksanakan   pada   Dinas Penanaman modal, Pelayanan satu pintu dan Tenaga Kerja kabupateen Barru. Waktu penelitian adalah bulan Nopember sampai Desember 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Penanaman modal, Pelayanan satu pintu dan Tenaga Kerja kabupatee n Barru, sebanyak 50 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) yaitu semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 orang.   Analisis data menggunakan analisis regresi berganda (multiple regression analysis).

Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh yang cukup signifikan dan arahnya positif antara variable   kompetensi, kesadaran, pelatihan, infrastruktur, dan lingkungan  kerja  secara  parsial  dan  secara  simultan  terhadap  peningkatan  kinerja

pegawai pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan   Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja serta Variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variabel lingkungan kerja pegawai pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja

References

Arikunto, Suhasimi, 2006, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, cetakan kedua belas, Rineka Cipta, Jakarta.

Bacal, Robert, 2005, Perfomance Management, Meningkatkan Kinerja Karyawan, Gramadia Pustaka Utama, Jakarta.

Depertemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan: Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Dessler, Gary, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia-Human Resource Management, Terjemahan Benyamin Molan, Edisi Bahasa Indonesia, Prehalindo, Jakarta

Gaspersz, Vincent, 2005, ISO 9001 : 2000, And Continual Quality Improvement, Cetakan keempat, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hafni 2004, Pengaruh ISO 9001:2000 Terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan Rumah Sakit "X" di Medan, Sumatera Utara. Tesis, .

Hasibuan, Malaya S.P., 2003, Manajemeen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan Keenam, Jakarta, Bumi Aksara.

Indriantoro, Nur, Supomo, Bambang(2002). "Metodologi Penelitian Akuntansi dan Manajemen". Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Malhotra, N.K. (2004). Marketing Research : An Applied Orientation. USA. Prentice Hall, Inc.

Suardi, Rudi. 2003, Sistem Manajemen mutu ISO 9000:2000: Penerapannya Untuk Mencapai TQM, PPM, Jakarta.Siagian, Sondang P. 2007. Manajemen Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan kesebelas, Jakarta, Bumi Aksara.

Sugiono, 2007, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kelima, CV. Alfabeta, Bandung.

Umar, Husein, 2008, Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Cetakan Keenam, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Tjiptono, Fandy, 2005, Service Quality and Satisfaction, Cetakan Pertama, Andi, Yogyakarta.
Published
2020-08-19