PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MELALUI DISIPLIN PADA UPT SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS XI KECAMATAN BACUKIKI BARAT KOTA PARE – PARE

  • Hasnih Hasnih STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Ahmad Firman STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Abd Rahman Abdi STIE Nobel Indonesia Makassar
Keywords: Principal Motivation, Principal Competence, Teacher Discipline and Teacher Performance, Motivasi Kepala Sekolah, Kompetensi Kepala Sekolah, Disiplin Guru dan Kinerja Guru

Abstract

Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian survei. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2020. Populasi penelitian adalah 40 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sampling jenuh (sensus) dengan menentukan semua populasi sebagai total sampel sebanyak 40 guru.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien determinasi (R2): (1) sebesar 0,833 atau 83,3% kinerja guru melalui kedisiplinan dipengaruhi oleh motivasi dan kompetensi kepala sekolah. (2) 0,250 atau 25% kedisiplinan guru dipengaruhi oleh motivasi dan kompetensi kepala sekolah. (3) 0,768 atau 76,8% kinerja guru dipengaruhi oleh motivasi dan kompetensi kepala sekolah.

This research approach uses survey research. The research was conducted from July to August 2020. The study population was 40 people. The sample selection in this study was carried out using a saturated sampling method (census) by determining all populations as a total sample of 40 teachers. The results showed that: Based on the research results, the coefficient of determination (R2): (1) is 0.833 or 83.3% of teacher performance through discipline is influenced by the motivation and competence of the principal. (2) 0.250 or 25% of teacher discipline is influenced by the motivation and competence of the principal. (3) 0.768 or 76.8% of teacher performance is influenced by the motivation and competence of the principal

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aritonang, Keke. T. 2008.Minat dan Motivasi dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal. Jakarta.

Aritonang. 2005. Disiplin Kerja Guru. Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Bahrodin, Moch. 2007. Pengaruh kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja pegawai pengadilan negeri Purworejo. Program Pascasarjana Universitas Jenderal Sudirman

Creswell, J.W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas

Ra, T.Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Edisi II, Cetakan Keempat Belas. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Handoko, T.Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Edisi II, Cetakan Kelima Belas. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hartatik, Puji. 2014. Buku Praktis Mengembangkan SDM. Jogyakarta: Laksana.

Hasibuan, M.S. 2013. Teori Memotivasi dan Aplikasinya: Jakarta: Rineka Cipta.

Latipun. 2011. Psikologi Eksperimen. Malang: UNMM Press

Maghfiroh, Laily. 2018. Pengaruh Tingkat Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PAI di SMP Bahauddin Ngelom Sidoarjo. Tesis. Program Pascasarjana Manajemen STIE Pelita Indonesia

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2011. Evaluasi Kinerja SDM, Bandung : Refika Cipta

Mangkunegara, A. P., & Waris, A. (2015). Effect of training, competence and discipline on employee performance in company (case study in PT. Asuransi Bangun Askrida). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 211, 1240-1251.

Mas’ud. 2017. Pengaruh kompetensi kepala sekolah, motivasi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru serta implikasinya pada kompetensi lulusan. Kontigensi Volume 5, No. 2, Nopember 2017, Hal. 122 - 131 ISSN 2088-4877

Mulyasa, E. 2017. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nova Gita, Lilik Kustiani, Riril Mardiana Firdaus. 2017. Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah, disiplin kerja, dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi. Vol.3 No.2

Nurwati. 2015. The Influence of Discipline and Competency toward Employees Performance. Proceedings Journal of Educatiom, Psychology and Social Science Research. 142-148.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Prasetyo, Bambang. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rusyan, A. Tabrani.. 2014. Membangun Disiplin Karakter Anak bangsa. Jakarta: Pustaka Dinamika.

Simamora, H. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN

Sinambela,Lijan Poltal.2012. Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugeng Suyatno. 2019. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Prosiding Seminar Nasional Pendiidkan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019.

Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Refika

Sutrisno, Edy 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedelapan, Prenada Media Group, Jakarta.

Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syamra, Yesmira. 2016. Pengaruh kompensasi finansial dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru smk Negeri di Kota Padang.

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Tumilaar, B. R. (2015). The effect of discipline, leadership, and motivation on employee performance at bpjs ketenagakerjaan Sulut. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 787-797.

Turang, R. C., Kindangen, P., & Tumiwa, J. 2015. Influence of Leadership Style, Motivation, and Work Discipline on Employee Performance in PT. Dayana Cipta. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15 (4), 505-516.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

Wahjosumidjo. 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wardana. 2008. Interrelasi Terintegrasi antara Kepemimpinan Transformasi dan Hasil Perilaku. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Wijaya, C., & Rusyan, A. T. 1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Winardi, J. 2013. Motivasi Pemotivasian. Jakarta: Rajawali Press.

Zawir, Yazid. 2012. Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Grasindo

Published
2020-12-31
How to Cite
Hasnih, H., Firman, A., & Abdi, A. (2020). PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MELALUI DISIPLIN PADA UPT SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS XI KECAMATAN BACUKIKI BARAT KOTA PARE – PARE. Nobel Management Review, 1(2), 335-346. https://doi.org/10.37476/nmar.v1i2.1465