PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS TAMMERODO KEC. TAMMERODO SENDANA KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI BARAT

  • NURANI SUPYAN PUSKESMAS TAMMERODO SENDANA
  • Muhammad Hidayat STIE NOBEL INDONESIA
  • Andi Djalantae STIE NOBEL INDONESIA
Keywords: Quality Of Service, Satisfaction, Kulitas Pelayanan, Kepuasan

Abstract

This study aims to determine and analyze the effect quality of service on community satisfaction at Tammerodo Health Center, Tammerodo Sendana District, Majene Regency, West Sulawesi Province.The research approach is a survey approach. The research was conducted at the Tammerodo Puskesmas, Tammerodo Sendana District, Majene Regency. The research period was June to November 2020. This study used a survey methode Sampling. in this study uses probability sampling techniques. The sample used in this study were 189 people.

The results showed that there was a positive and significant influence on quality service on community satisfaction at the Tammerodo Health Center, Tammerodo Sendana District, Majene Regency, West Sulawesi Province.

 

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan   terhadap kepuasan  masyarakat di Puskesmas Tammerodo Kecamatan Tammerodo Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat.Pendekatan penelitian adalah pendekatan survey. Penelitian dilaksanakan pada Puskesmas Tammerodo Kecamatan Tammerodo Sendana Kabupaten Majene. Waktu penelitian adalah bulan Juni sampai  November 2020. Populasi dalam penelitian, pasien yang berkunjung ke Puskesmas Tammerodo.sebanyak 189 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability Sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanaa terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Tammerodo Kecamatan Tammerodo Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat.

References

Arisman. 2014. Mengukur Kepuasan Masyarakat dan Kualitas Pelayanan Publik. Jakarta : Kementrian Hukum dan HAM RI

Astia, Tika. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Camat Tanjung Pinang Timur. Skripsi. Tanjung Pinang Timur : Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Azwar, Saifudin. 1986. Validitas dan Reliabilitas. Jakarta: Rineka Cipta

Fathoni, Abdurahmat. 2016. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “.

Semarang : UNDIP.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Giovanis, Apostolos., Pinelopi Athana Sopolou & Evangelos Tsoukatos. 2015. The Role of Service Fairness in the Service Quality – Relationship Quality – Customer Loyalty Chain An Empirical Study. Dalam Journal Of Service Theory and Practice, Vol. 25, No. 6, Hal. 744-746

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media

Hasibuan, Malayu S.P. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

KEPMENPAN NO KEP/25/MPAN/2/m.2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. 2004. Jakarta : Departemen Dalam Negeri

KEPMENPAN NO KEP/63//M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. 2003. Jakarta : Departemen Dalam Negeri

Kreitner, Robert dam Angelo Kincki. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat

Nurmashita, Faiza., Abdul Hakim dan Wima Yudo Prasetyo. 2012. Pengaruh Kompetensi Pegawai dan Lingkungan Kerja terhadap Kualitas Pelayanan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo). Dalam Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 6,

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Simamora, Henry. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Suharsimi, Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2007). Service, Quality, Satisfaction. Edisi 2.Penerbit Andi, Yogyakarta.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Zulganef, 2006. Pemodelan Persamaan Struktur dan Aplikasinya Menggunakan AMOS 5. Bandung: Pustaka.

Published
2021-04-30
How to Cite
SUPYAN, N., Hidayat, M., & Djalantae, A. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS TAMMERODO KEC. TAMMERODO SENDANA KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI BARAT. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(2), 324-334. Retrieved from https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1208